Workshop Lakpesdam NU Buru, Gerak Kamanusiaan untuk Masyarakat

Foto Bersama Dalam Acara Workshop LAKPESDAM NU Kabupaten Buru
Foto Bersama Dalam Acara Workshop LAKPESDAM NU Kabupaten Buru

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU Kabupaten Buru melaksanakan kegiatan Worksop dengan tema Gerak Kemanusiaan NU untuk Masyarakat. Agenda yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Iqra Buru, Kota Namlea, (15/03) itu melibatkan mitra, Polres Pulau Buru, Dandim 1506, hadir dalam acara Rais Suriyah PCNU Kabupaten Buru, Habib Agil bin Fadhel Assagaf, Wakil Rektor Universitas Iqra Buru, Badan Eksekutif Mahasiswa serta Lembaga dan Banom Dalam lingkup PCNU kabupaten Buru.

Dalam sambutannya, Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Buru Abdulah Badmas SH, mengatakan, selama ini Lembaga-lembaga dibawah naungan PCNU Kabupaten Buru, seperti sengaja tidak di fungsikan, ini menjadi alasan mengapa NU di Buru seperti tak berdaya. Untuk kali ini pihaknya akan mencoba menjalin kordinasi dengan melibatkan Mitra sehinga sinergisitas untuk kedapannya Isnya Allah akan lebih baik

“NU Buru fakum kurang lebih 20 tahun, lembaga-lembaga semacam sesuatu yang baru, padahal sudah terbentuk cukup lama, bahkan ada yang bertanya Lakpesdam Itu Lembaga Apa, Kan aneh” kata Badmas dalam sambutannya.

Badmas mengatakan Pada 7 April 1985 silam Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) telah dibentuk. Tanggal tersebut sekaligus menjadi tanggal Hari Lahir (Harlah) lembaga PBNU yang fokus melakukan kajian kajian strategis isu kebangsaan dan keislaman.

Diwaktu yang sama Sekretaris PCNU Kabupaten Buru M. Qozali At’thabrani dalam sambutannya mengungkapkan, kedepan Lakpesdam mampu menjadi lokomotif daerah dalam mengkaji isu-isu stratergis sehingga mampu melahirkan solusi di daerah,

“Lakpesdam harus mampu melahirkan gagasan keumatan, bersinergi dengan baik, sehingga progres keumatan bisa berjalan bersama sesuai dengan tujuan Lakpesdam NU, sebagai implementasi sumberdaya manusia dalam bingkai Aswaja. “ ungkap Qozali.

Progres ini adalah bagian dari komitmen NU dalam menciptakan sumberdaya di lingkungan masyarakat. Kedepan diharapkan lembaga lembaga NU lainya akan segera melakukan progresnya sesuai tujuan dan fungsinya. Sehingga usaha-usaha pengembangan potensi di atas perlu dilaksanakan lebih kreatif dan produktif serta diperluas jangkauannya secara lebih nyata. Upaya ini perlu direncanakan, dipersiapkan dan diselenggarakan melalui cara sistematis dan berkonsep.

(RN)

 

Artikel Terkait

iklan02

Nasional

iklan02
iklan02

Opini

home2

Daerah

home2