Silaturahmi Kapolres Pulau Buru ke Kantor PCNU Buru, Bahas Sinergitas untuk Kamtibmas

Kapolres Pulau Buru Bersama Ketua PCNU Kabupaten Buru dan Pengurus PCNU Buru.
Kapolres Pulau Buru Bersama Ketua PCNU Kabupaten Buru dan Pengurus PCNU Buru.

Menyikapi berbagai permasalahan dan dinamika yang terjadi ditengah masyarakat, Kapolres Pulau Buru AKBP Egia Febri Kusumawiatmajaya, S.I.K, M.IK melakukan silaturahmi ke Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Buru, Jumat (5/3/2021). Ikut dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut beberapa personel Polres dan Pengurus PCNU Kabupaten Buru.

Usai pertemuan, Ketua PCNU Kabupaten Buru Rijal Said Hasan Ipa, M.S.I mengatakan bahwa beberapa permasalahan yang didiskusikan adalah terkait dengan sinergisitas komitmen dua lembaga tersebut dalam mewujudkan kondusifitas di kabupaten bermoto Rete Mena Bara Sehe tersebut.

“NU sebagai ormas keagamaan siap bersinergi dengan pihak-pihak terkait khususnya Polri dalam upaya mempertahankan kondusifitas Kamtibmas yang selama ini sudah dirasakan bersama,” kata Rijal Said kepada HabarBupolo. 

Dalam kesempatan tersebut Kepolisian dan NU juga menyatukan pandangan dalam membaca tanda zaman dimana degradasi moral para generasi muda menjadi ancaman serius bagi bangsa. 

Perkembangan teknologi informasi harus mampu di imbangi, seluruh elemen masyarakat harus bahu-membahu dalam menjaga, mengarahkan, dan mendidik generasi muda agar tidak terjerumus pada pergaulan yang mendatangkan banyak kemudharatan.

“Apalagi terkait Minuman Keras, dan efek dari media sosial harus benar-benar menjadi perhatian. Perilaku yang merusak moral dan akhlak harus ditangani bersama,” ungkapnya.

PCNU Kabupaten Buru sendiri menyambut baik inisiatif dari Kapolres Pulau Buru yang berkoordinasi dengan NU dalam peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Ia mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan damai.

Menggandeng kekuatan civil society adalah langkah yang tetap dalam mewujudkannya cita berbangsa dan bernegara. Sebagai mana yang sudah dicontohkan oleh Kapolri Baru.  Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang melakukan silaturahmi ke PBNU sesaat setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, Kapolri juga mengatakan dengan sedikit berkelakar bahwa jika ada polisi di daerah yang enggan bertemu dengan warga NU (Nahdliyin), maka itu sama saja tidak menghormati dirinya. 

“Karena saya saja sowan ke PBNU,” ucap Jenderal Listyo Sigit saat sowan kepada KH Said Aqil Siroj di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021) sore.

Kapolri ke-25 yang baru dilantik Presiden Joko Widodo, pada Rabu (27/1/2021) itu mempersilakan warga NU di daerah untuk berkoordinasi dengan Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek di setiap wilayah untuk bekerja sama saling menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Karena saya yakin banyak program yang bisa dikerjasamakan untuk upaya pemeliharan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” ungkap Sigit.

 

(RN)

Artikel Terkait

iklan02

Nasional

iklan02
iklan02

Opini

home2

Daerah

home2